RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Pejagoan
Mata Pelajaran : Fisika
Pokok Bahasan : Fluida Statik
Kelas / Semester : XI.IA / 2
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik system kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar
2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
· Memformulasikan konsep tekanan hidrostatika
· Memformulasikan hukum Pascal
· Memformulasikan hukum Archimedes
· Mendeskripsikan konsep terapung, melayang, dan tenggelam
· Menerapkan hukum Archimedes dalam masalah fisika sehari-hari
· Mendeskripsikan konsep tegangan permukaan
· Memformulasikan gejala kapilaritas
· Mendeskripsikan konsep viskositas
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan dapat :
1. Memformulasikan konsep tekanan hidrostatika
2. Memformulasikan hukum Pascal
3. Memformulasikan hukum Archimedes
4. Mendeskripsikan konsep terapung, melayang, dan tenggelam
5. Menerapkan hukum Archimedes dalam masalah fisika sehari-hari
6. Mendeskripsikan konsep tegangan permukaan
7. Memformulasikan gejala kapilaritas
8. Mendeskripsikan konsep viskositas
Materi Pembelajaran
Tekanan Hidrostatika (Hlm. 174)
Hukum Pascal (Hlm. 178)
Hukum Archimedes (Hlm. 181)
Tegangan Permukaan (Hlm. 186)
Gejala Meniskus (Hlm. 188)
Gejala Kapilaritas (Hlm. 190)
Viskositas (Hlm. 191)
Evaluasi bab 8
Metode Pembelajaran
Demonstrasi, Diskusi, Penugasan dan Kompetensi Group
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I dan II
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (10 menit) |
2. Kegiatan Inti o Memahami peta konsep tentang Fluida Statis o Memformulasikan rumus tekanan o Menyebutkan aplikasi tekanan dalam kehidupan keseharian o Memformulasikan tekanan hidrostatis o Memformulasikan tekanan mutlak pada suatu kedalaman zat cair o Mempelajari contoh soal 8.1 s.d 8.3 o Memahami cara kerja pengukur tekanan darah o Memahami Konsep dasar hukum Pascal o Memformulasikan hukum Pascal hukum o Mengerjakan soal latihan 8A. Hlm. 180 | (160 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa tekanan zat cair yang hanya disebabkan oleh beratnya sendiri disebut tekanan hidrostatis | (10 menit) |
4. Pekerjaan Rumah o Memberikan tugas pekerjaan rumah | |
Pertemuan III dan IV
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (10 menit) |
o Memahami konsep hukum Archimedes Gaya apung = berat benda di udara – berat benda di dalam air o Memformulasikan hukum Archimedes o Menyebutkan aplikasi hukum archimedes o Memahami perbedaan mengapung, tenggelam dan melayang o Mempelajari contoh soal 8.6 s.d 8.8 o Memformulasikan tegangan permukaan o Memformulasikan koefisien viskositas | (160 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa suatu benda yang dicelupkan seluruhnya dalam zat cair selalu menggantikan volum zat cair yang sama dengan volum benda itu sendiri | (10 menit) |
o Memberikan tugas pekerjaan rumah | |
Pertemuan V
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (5 menit) |
o Memahami gejala meniskus yaitu kelengkungan permukaan zat cair di dalam tabung o Mengenal gaya adhesi dan kohesi o Memformulasikan gejala kapilaritas o Mempelajari contoh soal 8.9. Hlm. 191 o Memformulasikan kecepatan terminal pada kekentalan zat fluida o Mempelajari contoh soal 8.10. Hlm. 193 | (80 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa ukuran kekentalan fluida yang menyetakan besar kecilnya gesekan didalam fluida dinyatakan dengan viskositas | (5 menit) |
o Soal latihan 8B. Hlm. 193 | |
Pertemuan VI
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (5 menit) |
o Mengerjakan evaluasi bab 8. Hlm. 195 | (80 menit) |
o Memberikan motivasi agar rajin menjawab soal | (5 menit) |
o – | |
Media Pembelajaran
· Lembar Kerja Siswa
Penilaian
· Jenis Tagihan : Ulangan Harian, Pekerjaan Rumah, Test
· Tindak Lanjut : Siswa dinyataka berhasil jika tingkat pencapaiannya 65 atau lebih
Memberi program remedial untuk siswa yang pencapaiannya kurang dari 65
Memberi program Pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya di atas 65
Sumber Bacaan
· Marthen Kanginan. 2008. Seribu Pena FISIKA untuk SMA/MA Kelas XI, Jakarta : Penerbit Erlangga
· Supiyanto. 2007. FISIKA untuk SMA KELAS XI, Jakarta : Penerbit PHIBETA
· Bob Foster. 2005. TERPADU FISIKA SMA untuk KELAS XI, Jakarta : Penerbit Erlangga
· Supriyadi. 2007. KURIKULUM SAINS DALAM PROSES PEMBELAJARAN SAINS, Yogyakarta : Penerbit Putaka Tempelsari
Mengetahui Pejagoan, ……. Juli 2009
Kepala SMA Negeri 1 Pejagoan Guru Fisika XI
Drs. Sugito M. Bisri Arifin, S.Pd
NIP. 19610608 198803 1 010 NIP. 19741023 200604 1 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar