SKENARIO PEMBELAJARAN
Pokok Bahasan
TEKANAN HIDROSTATIS
a. Tahap Awal
(Guru masuk kedalam kelas)
Guru : Selamat pagi anak-anak
siswa : Selamat pagi Bu... (jawab
secara serempak).
Guru : (menanyakan kabar semuanya). Anak-anak bagaiman kabar hari ini?
Siswa : Baik bu...
Guru : (Menanyakan siswa yang tidak masuk ) Anak–anak hari ini siapa yang
tidak
masuk ?
Siswa : Masuk semua Bu.............
Motivasi dan Apersepsi
Guru :
Anak-anak pagi ini kita akan membahas materi tentang tekanan hidrostatis. Siap
semuanya?
Siswa : Siap Bu....
Guru : OK.... Sekarang ibu mau tanya, siapa yang
punya tempat penampungan air di rumah? seperti tandon...
Siswa : saya Bu....
Guru : Mengapa ketika air dalam penampungan yang
masih penuh dapat mengeluarkan air yang deras pada kran pada bagian dasar bak
atau kran yang ada di samping bak daripada air dalam jumlah sedikit?
Siswa : (Semua siswa menjawab
serempak) karena airnya berat Bu...
Guru : Ada yang punya jawaban lain?
Siswa : karena adanya tekanan Bu.....
Guru : OK...jawaban kalian benar.... Baiklah untuk
lebih jelasnya mari kita sama–sama pelajari
tentang tekanan hidrostatis.
Guru
menyebutkan tujuan pembelajaran:
Guru : Setelah kita melakukan demonstrasi, diharapkan kalian bisa
memberikan contoh penerapan tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari
Guru memberikan acuan pembelajaran
Guru : Anak-anak dalam mempelajari tekanan hidrostatis ini, kita lakukan langkah-langkah
pembelajaran sebagai berikut :
1. Ibu akan mendemonstrasikan mengenai materi
yang akan diajarkan dengan bantuan perwakilan dari masing-masing kelompok.
2.
Tanya Jawab
Setelah
demonstrasi guru memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan mengenai
materi yang didemonstrasikan.
3.
Memberikan contoh soal yang
dibahas bersama-sama.
4.
Pemberian Tugas
Pada
akhir pelajaran guru memberikan tugas untuk membekali kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran disekolah pada
pertemuan berikutnya.
b. Tahap Inti
Guru : Anak-anak pagi ini kita akan membahas materi tentang tekanan hidrostatis.
Guru mengadakan tanya jawab tentang tekanan
hidrostatis.( diharapkan semua
siswa dapat menjawab). Apa yang kalian ketahui tentang tekanan hidrostatis?
Siswa : Tekanan yang terjadi di dalam air bu....
Guru : Ada jawaban yag lain?
Siswa : Tekanan yang
terjadi karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan
tekanan.
Guru : Bagus. Semua jawaban kalian
benar. Sekarang ibu akan mendemonstrasikan tekanan hidrostatis. (diharapkan siswa bisa memperhatikan
dengan baik menjawab pertanyaan guru). Apa yang kalian lihat ketika lubang
bejana yang diisi air dan minyak ini dibuka?
Siswa :
( terdiam). Salah satu siswa menjawab, ” airnya akan keluar Bu...”.
Guru :
Iya airnya akan keluar... Nah, bagaimana kekuatan semburannya?
Siswa :
ada yang deras dan ada yang lambat Bu...
Guru :
mengapa bisa berbeda?
Siswa :_
karena tekanannya berbeda bu...
Guru : Baiklah anak – anak. Tepuk tangan untuk
teman kalian. Jadi apabila lubang bejana yang diisi air dan minyak ini dibuka
maka airnya akan keluar dengan kekuatan semburannya berbeda. Mengapa? Antara
lubang yang pertama dengan lubang yang lain memiliki tekanan yang berbeda. Hal
ini dapat dilihat bahwa lubang bejana yang paling bawah menyemburkan air atau
minyak paling jauh, karena pada bagian yang paling dalam tekanannya paling
besar.
Pada lubang dengan kedalaman yang
sama akan memiliki tekanan yang sama juga. Selain itu, bahwa air dan minyak
menghasilkan semburan zat cair yang berbeda jauhnya. Dengan demikian massa
jenis zat cair berpengaruh juga terhadap besar kecilnya tekanan.
(Setelah selesai melaksanakan demonstrasi
guru memberikan contoh soal dan penerapan tekanan hidrostatis dalam kehidupan
sehari–hari).
c. Tahap Akhir
Guru : Anak-anak sebelum kita akhiri pelajaran hari ini, ibu ingin
mengetahui sejauh mana pengetahuan yang kalian dapatkan pada hari ini. Untuk itu ibu akan mengajukan pertanyaan
silahkan nanti kalian jawab.
Guru : Apa pengertian tekanan hidrostatis?
Siswa : Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi di
bawah air karena adanya berat air yang membuat cairan
tersebut mengeluarkan tekanan.
Guru : Bagaimana sifat-sifat tekanan hidrostatis?
Siswa : Sifat tekanan hidrostatis adalah :
- Semakin dalam letak suatu titik dari permukaan zat cair, tekanannya semakin besar.
- Pada kedalaman yang sama, tekanannya juga sama.
- Tekanan zat cair ke segala arah sama besar.
- Semakin besar massa jenis zat cair, semakin besar tekanannya.
Guru : Oke bagus. Jadi, kesimpulan yang kita peroleh dari pelajaran
kita hari ini, yaitu tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi
di bawah air karena adanya berat air yang membuat cairan
tersebut mengeluarkan tekanan. Dan sifat tekanan hidrostatis adalah :
1.
Semakin dalam letak suatu titik dari permukaan
zat cair, tekanannya semakin besar.
2.
Pada kedalaman yang sama, tekanannya juga sama.
3.
Tekanan zat cair ke segala arah sama besar.
4.
Semakin besar massa jenis zat cair, semakin
besar tekanannya.
Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu
pada bendungan (semakin ke bawah, dinding bendungan
semakin tebal) dan mesin hidrolik.
Guru memberikan tugas
terstruktur.
Guru : Guru memberikan informasi
bahwa minggu depan diadakan tes.
Guru : Anak – Anak karena waktunya telah selesai
maka kita akhiri pelajaran kita untuk hari ini. (guru mengakhiri pelajaran dan
mengingatkan siswa agar belajarnya lebih ditingkatkan lagi). Dan untuk
pertemuan berikutnya, siapkan untuk tes dan jangan lupa untuk mengumpulkan
tugas yang telah diberikan.
Siswa : paham bu..
Guru : baik anak-anak, karena
waktunya sudah habis, pembelajaran dilanjutkan pada
pertemuan berikutnya.
Guru : Ibu akhiri. Selamat siang!
Siswa : (serempak menjawab salam)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar