Sabtu, 08 Oktober 2011

SKENARIO PEMBELAJARAN TEKANAN HIDROSTATIS


SKENARIO PEMBELAJARAN
Pokok Bahasan
TEKANAN HIDROSTATIS
a. Tahap Awal
(Guru masuk kedalam kelas)
Guru    : Selamat pagi anak-anak
siswa   : Selamat pagi Bu... (jawab secara serempak).
Guru    : (menanyakan kabar semuanya). Anak-anak bagaiman kabar hari ini?
Siswa   : Baik bu...
Guru    : (Menanyakan siswa yang tidak masuk ) Anak–anak hari ini siapa yang tidak 
                 masuk ?
Siswa  : Masuk semua Bu.............
Motivasi dan Apersepsi
Guru : Anak-anak pagi ini kita akan membahas materi tentang tekanan hidrostatis. Siap semuanya?
Siswa    : Siap Bu....
Guru     : OK.... Sekarang ibu mau tanya, siapa yang punya tempat penampungan air di rumah? seperti tandon...
Siswa    : saya Bu....
Guru     : Mengapa ketika air dalam penampungan yang masih penuh dapat mengeluarkan air yang deras pada kran pada bagian dasar bak atau kran yang ada di samping bak daripada air dalam jumlah sedikit?
Siswa   : (Semua siswa menjawab serempak) karena airnya berat Bu...
Guru    : Ada yang punya jawaban lain?
Siswa      : karena adanya tekanan Bu.....
Guru       : OK...jawaban kalian benar.... Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita sama–sama pelajari  tentang tekanan  hidrostatis.

Guru menyebutkan tujuan pembelajaran:
Guru : Setelah kita melakukan demonstrasi, diharapkan kalian bisa memberikan contoh penerapan tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari
Guru memberikan acuan pembelajaran
Guru : Anak-anak dalam mempelajari tekanan hidrostatis ini, kita lakukan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut :
1.      Ibu akan mendemonstrasikan mengenai materi yang akan diajarkan dengan bantuan perwakilan dari masing-masing kelompok.
2.      Tanya Jawab
Setelah demonstrasi guru memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan mengenai materi yang didemonstrasikan.
3.      Memberikan contoh soal yang dibahas bersama-sama.
4.      Pemberian Tugas
Pada akhir pelajaran guru memberikan tugas untuk membekali kesiapan siswa dalam   mengikuti proses pembelajaran disekolah pada pertemuan berikutnya.
b. Tahap Inti

Guru : Anak-anak pagi ini kita akan membahas materi tentang tekanan hidrostatis.  
Guru mengadakan tanya jawab tentang tekanan hidrostatis.( diharapkan semua siswa dapat menjawab). Apa yang kalian ketahui tentang tekanan hidrostatis?         
Siswa   :  Tekanan yang terjadi di dalam air bu....
Guru    : Ada jawaban yag lain?
Siswa   : Tekanan yang terjadi karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan.
Guru    : Bagus. Semua jawaban kalian benar. Sekarang ibu akan mendemonstrasikan tekanan hidrostatis. (diharapkan siswa bisa memperhatikan dengan baik menjawab pertanyaan guru). Apa yang kalian lihat ketika lubang bejana yang diisi air dan minyak ini dibuka?
Siswa   : ( terdiam). Salah satu siswa menjawab, ” airnya akan keluar Bu...”.
Guru    : Iya airnya akan keluar... Nah, bagaimana kekuatan semburannya?
Siswa   : ada yang deras dan ada yang lambat Bu...
Guru    : mengapa bisa berbeda?
Siswa   :_ karena tekanannya berbeda bu...
Guru    : Baiklah anak – anak. Tepuk tangan untuk teman kalian. Jadi apabila lubang bejana yang diisi air dan minyak ini dibuka maka airnya akan keluar dengan kekuatan semburannya berbeda. Mengapa? Antara lubang yang pertama dengan lubang yang lain memiliki tekanan yang berbeda. Hal ini dapat dilihat bahwa lubang bejana yang paling bawah menyemburkan air atau minyak paling jauh, karena pada bagian yang paling dalam tekanannya paling besar.
            Pada lubang dengan kedalaman yang sama akan memiliki tekanan yang sama juga. Selain itu, bahwa air dan minyak menghasilkan semburan zat cair yang berbeda jauhnya. Dengan demikian massa jenis zat cair berpengaruh juga terhadap besar kecilnya tekanan.

(Setelah selesai melaksanakan demonstrasi guru memberikan contoh soal dan   penerapan tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari–hari).

c. Tahap Akhir

Guru     : Anak-anak sebelum kita akhiri pelajaran hari ini, ibu ingin mengetahui sejauh mana pengetahuan yang kalian dapatkan pada hari ini. Untuk itu ibu akan mengajukan pertanyaan silahkan nanti kalian jawab. 
Guru     :  Apa pengertian tekanan hidrostatis?
Siswa   : Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi di bawah air  karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan.
Guru     : Bagaimana sifat-sifat tekanan hidrostatis?
Siswa   : Sifat tekanan hidrostatis adalah  :
  1. Semakin dalam letak suatu titik dari permukaan zat cair, tekanannya semakin besar.
  2. Pada kedalaman yang sama, tekanannya juga sama.
  3. Tekanan zat cair ke segala arah sama besar.
  4. Semakin besar massa jenis zat cair, semakin besar tekanannya.
Guru     : Oke bagus. Jadi, kesimpulan yang kita peroleh dari pelajaran kita hari ini, yaitu tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi di bawah air  karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Dan sifat tekanan hidrostatis adalah  :
1.   Semakin dalam letak suatu titik dari permukaan zat cair, tekanannya semakin besar.
2.   Pada kedalaman yang sama, tekanannya juga sama.
3.   Tekanan zat cair ke segala arah sama besar.
4.   Semakin besar massa jenis zat cair, semakin besar tekanannya.
Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu pada bendungan (semakin ke bawah, dinding bendungan semakin tebal) dan mesin hidrolik.
Guru memberikan tugas terstruktur.
Guru    : Guru memberikan informasi bahwa minggu depan diadakan tes.
Guru    : Anak – Anak karena waktunya telah selesai maka kita akhiri pelajaran kita untuk hari ini. (guru mengakhiri pelajaran dan mengingatkan siswa agar belajarnya lebih ditingkatkan lagi). Dan untuk pertemuan berikutnya, siapkan untuk tes dan jangan lupa untuk mengumpulkan tugas yang telah diberikan.
Siswa   : paham bu..
Guru    : baik anak-anak, karena waktunya sudah habis, pembelajaran dilanjutkan pada
              pertemuan berikutnya.
Guru    : Ibu akhiri.  Selamat siang!
Siswa   : (serempak menjawab salam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar